Deretan Kiper Terpendek di Sepak Bola, Ada yang Kalah Tinggi dari Lionel Messi

  • Share
Deretan Kiper Terpendek di Sepak Bola, Ada yang Kalah Tinggi dari Lionel Messi

Wartasidik.co.id – Postur tubuh menjadi salah satu aspek paling penting bagi seorang kiper di sepak bola. Meski demikian, faktor itu tak mutlak diperlukan lantaran banyak penjaga gawang pendek yang terbilang sukses di masanya.

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi Liga Inggris sempat punya rata-rata tinggi kiper mencapai 1,9 meter. Meski demikian, hal itu tak selalu berbanding lurus deng an kualitas.

Di Liga Spanyol, terkenal beberapa kiper pendek yang sukses bergelimang gelar baik di level klub maupun tim nasional seperti Victor Valdes (1,83 m), David Ospina (1,83 m) dan Iker Casillas (1,82 m).

Hal itu membuktikan jika postur tinggi seorang kiper tak menentukan kualitas mereka untuk menjaga gawang timnya dari kebobolan.

Baca Juga:
5 Kebersamaan Raffi Ahmad dan Ronaldinho, Hadiri Peluncuran jersey RANS Nusantara FC

Lantas, selain tiga nama di atas, siapa lagi kiper berkualitas yang memiliki postur pendek? setidaknya ada 12 nama lain berikut di antaranya.

1. Juan Segundo

Kiper asal Chile dengan tinggi badan 1,72 m atau 5 kaki 7,5 inci menjadi kiper terpendek yang pernah dimiliki Chile. Dia tercatat memiliki 33 caps bersama La Roja.

Selain bermain untuk tim nasional, Juan Segundo juga pernah membela beberapa klub ternama negaranya, seperti Magallenes, Santiago Wanderers, Cobreloa dan Union Espanola.

2. Oscar Perez Rojas

Baca Juga:
5 Hits Bola: Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022

Memiliki tinggi 1,72 m, Oscar Perez Roja dikenal dengan sebutan El Conejo. Dia bermain sebanyak 54 kali sejak debut bersama timnas Meksiko pada 1997.

Ia juga pernah menjadi pemain tertua di Liga MX dengan usianya yang sudah 46 tahun, dan memegang rekor primera division.

3. Frantisek Planicka

Kiper asal Republik Ceko ini ini memiliki tinggi badan 1,72 m dan sosok paling terkenal dalam sejarah sepak bola Cekoslowakia.

Selama 15 tahun ia menghabiskan waktu bersama Slavia Praha, dia meraih segudang trofi seperti Liga Ceko sebanyak delapan kali dan satu kali Piala Mitropa.

4. Giuseppe Cavanna

Kiper asal Italia ini memiliki tinggi badan 1,71 m atau sekitar 5 kaki 7 inci. Semasa aktif bermain, dia pernah membela Pro Vercelli dan Napoli pada medio 1920 hingga 1930-an.

Meski termasuk kiper pendek, Cavanna merupakan pemain dengan rataan kebobolan terendah yakni hanya 0,722 persen. Rekor yang bertahan sampai munculnya Dino Zoff.

5. Pedro Manuel Benitez

Hanya dengan tinggi badan sekitar 1,66 meter atau lebih pendek dari seorang Lionel Messi (1,69 meter), Pedro Benitez sukses membuat negaranya percaya penuh kepadanya.

Kiper asal Paraguay ini jadi andalan negaranya di Piala Dunia 1930 meski kariernya di level klub tak pernah sampai ke Eropa dan hanya di negara-negara Amerik Selatan.

Kontributor: Eko Isdiyanto



#Deretan #Kiper #Terpendek #Sepak #Bola #Ada #yang #Kalah #Tinggi #dari #Lionel #Messi

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *