Mengenal Sistem Swiss, Format Baru Liga Champions di Musim 2024-2025

  • Share
Mengenal Sistem Swiss, Format Baru Liga Champions di Musim 2024-2025

Wartasidik.co.id – Federasi sepak bola Eropa atau UEFA belum lama ini mengesahkan format baru Liga Champions. Seperti apa format baru yang disahkan tersebut?

UEFA membuat gebrakan dengan menghadirkan format baru kompetisi antarklub terpopuler di dunia, yakni Liga Champions.

Perubahan format ini disahkan UEFA pada 10 Mei 2022 waktu setempat, yang akan diterapkan pada Liga Champions musim 2024-2025 mendatang.

Dalam rilis di laman resminya, UEFA membeberkan bahwa format baru ini bernama ‘Swiss System’. Format baru ini membawa sederet perubahan yang begitu signifikan.

Baca Juga:
4 Alasan Liverpool Bisa Kalahkan Real Madrid di Final Liga Champions

Perubahan paling terasa dengan bertambahnya kontestan, yang semula 32 tim menjadi 36 tim pada Liga Champions 2024-2025 mendatang.

Tak hanya penambahan tim, format kompetisi pun akan mengalami perubahan, di mana nantinya babak penyisihan grup akan menggunakan model klasemen liga tunggal.

Jumlah pertandingan di fase grup pun akan berubah, di mana setiap tim akan menjalani delapan pertandingan, yakni empat laga kandang dan empat laga tandang.

Nantinya, setiap tim yang ada di delapan peringkat teratas, akan lolos ke babak 16 besar. Sedangkan tim di peringkat ke-9 hingga 24 akan memperebutkan delapan tiket tersisa.

Tim peringkat ke-9 hingga 24 ini akan berebut tiket ke 16 besar dengan menjalani babak Play Off dengan format dua leg.

Baca Juga:
4 Alasan Real Madrid Bisa Kalahkan Liverpool di Final Liga Champions

Setelahnya, format babak 16 besar hingga babak final akan berjalan seperti biasa dengan format dua leg di setiap babak dan satu leg di partai final.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Mengenal #Sistem #Swiss #Format #Baru #Liga #Champions #Musim

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.