Tahapan Utama dalam CRM Indonesia

  • Share

Dalam penerapan CRM Indonesia sendiri, tentu terdiri dari beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh suatu perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa untuk menerapkannya harus sesuai dengan urutannya. Tujuannya agar tetap menyesuaikan prosedur sehingga tetap berjalan efektif dan optimal.

3 Tahapan Utama dalam CRM Indonesia

CRM Indonesia menjadi salah satu strategi bisnis yang sudah banyak diterapkan oleh beberapa perusahaan besar di tanah air. Mereka menganggap bahwa penerapannya sangat penting untuk membangun hubungan baik bersama pelanggan. Berikut ini beberapa tahapan utamanya:

1. Memperoleh Pelanggan Baru

Tujuan utama bisnis adalah tentunya mampu mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin. maka dari itu, bagaimanapun caranya pastinya Anda juga harus bisa menggaet target pasar secara lebih optimal. Pastikan untuk menentukan pasar sesuai dengan target konsumen sehingga lebih maksimal.

Untuk mendapatkannya, Anda bisa memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan cara yang menyenangkan. Salah satu kuncinya yakni dengan menjalin komunikasi baik bersama pelanggan dalam waktu-waktu tertentu. Hal ini akan membuat mereka lebih percaya pada suatu brand.

2. Menambah Nilai dari Pelanggan

Guna meningkatkan hubungan bersama pelanggan, Anda pun bisa melakukan upaya up selling dan juga cross selling. Up selling ini dapat Anda lakukan dengan melakukan penawaran produk yang sama kepada pelanggan namun pada kualitas lebih baik.

Sementara pada cross selling yakni bisa menawarkan produk tambahan ataupun pelengkap yang telah dimiliki oleh pelanggan. Kedua upaya ini dapat dilakukan dengan tujuan untuk menambah nilai dari pelanggan.

3. Mempertahankan Pelanggan

Satu hal yang terberat bagi suatu bisnis yakni mempertahankan pelanggan. Anda dituntut untuk bisa membangun kepercayaan mereka agar tetap bertahan menggunakan produk tersebut. Maka dari itu, perlu mendengarkan apa saja yang dimau oleh mereka.

Dengan mendengarkan kebutuhan, keinginan dan kemauan dari pelanggan, maka bisa menjadikannya sebagai bahan evaluasi. Tentunya besar harapannya agar mampu memperbaiki sistem layanan dan fitur apa saja yang telah dimiliki sebelumnya.

Dalam menerapkan CRM Indonesia, ada tiga tahapan utama yang dapat dilakukan. Hal ini menjadi perhatian penting bagi setiap perusahaan agar senantiasa bisa melakukannya dengan baik dan sesuai prosedur sistemnya.

  • Share